RECOMENDED WISATA DI BANDUNG - Kreasi Fahmi

Kreasi Fahmi

Tempat Berkreasi & Berbagi

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here
RECOMENDED WISATA DI BANDUNG

RECOMENDED WISATA DI BANDUNG

Share This

Hotel-hotel Unik di Bandung

Tidur nyenyak di akomodasi yang nyaman

Apakah Anda mencari hotel yang lain daripada yang lain? Hotel yang tak sekadar berbentuk bangunan menjulang tinggi dengan pemandangan kota pada umumnya?

Ikutlah bersama kami menginap di beberapa akomodasi unik dan nyaman yang ada di Bandung!

1. Hotel bergaya Italia di Era Renaissance:i GH Universal Hotel

Terletak di jantung Kota Bandung, hotel bergaya Eropa klasik ini akan membuat Anda seolah-olah sedang berada di Italia!

Dengan lantai dari batu marmer serta kafe rooftop bernama Belle Vue, perjalanan Anda ke Bandung kali ini dijamin bakal terasa begitu mewah.

Photo via amirbakhtiar.net

Nah, daripada menghabiskan banyak uang untuk berlibur ke benua Eropa, bagaimana kalau Anda pergi ke Bandung saja?

Lihat saja sendiri, suasana yang akan Anda rasakan di GH Universal sama saja kok dengan di Eropa.


2. Tidur di antara pepohonan dan danau: Sapulidi Sawah Cafe, Resort & Gallery

Dikelilingi oleh lereng yang hijau dan teduh serta danau yang indah, Sapulidi adalah tempat yang amat pas untuk mengembalikan energi yang hilang sambil menikmati suasana damai dan tenang jauh dari kota.

Photo via layennylayenny, ma._grace, dwiputrawira

Rasanya tak ada tempat lain yang lebih sempurna untuk menghabiskan liburan romantis berdua pasangan selain di sini.

Kamar-kamarnya didominasi unsur kayu, dan dinamai dengan nama-nama yang unik – Putri No’ong, Kembang Desa, Congklak, dan lain-lain – semua terinspirasi dari budaya dan cerita rakyat tradisional Sunda.

(Bonus) 3. Menyatu dengan budaya khas setempat: Kamojang Green Hotel & Resort (Terletak di Garut, sekitar 2 jam dari Bandung)

Bak surga tersembunyi di Garut, Kamojang Green Hotel & Resort menjanjikan Anda pengalaman menginap yang tak ‘kan terlupakan.

Ada sesuatu yang sukar diungkapkan dari tempat ini – mungkin atmosfernya yang menenangkan atau udara segar di sekitarnya yang membius.

Photo via Jutari, Tasya Kamila

Para staf yang bekerja di Kamojang Green Hotel & Resort pun senantiasa memberikan pelayanan yang memuaskan.

Selain ramah dan perhatian, mereka juga siap untuk memenuhi apapun kebutuhan Anda.

Di sini, Anda dapat merasakan suasana khas pedesaan tradisional Tanah Pasundan, dengan berlatar pegunungan nan menawan.

Tersedia pula beragam aktivitas rekreasi yang dapat dilakukan, seperti memancing dan olahraga air

4. Bergelantungan bak Spiderman: Tebing Gunung Hawu

Gunung ini mempunyai daya tarik sendiri dibanding gunung-gunung lain. Di sinilah mimpi Anda menjadi Spiderman bisa terwujud.

Photo via alfiansprasetyo

Untuk para penggemar sunrise, Tebing Gunung Hawu siap memanjakan Anda dengan pemandangan indah dari saat matahari terbit menjelang pagi. Anda bahkan bisa menyaksikan pemandangan keren ini sambil tiduran di hammock yang digantung di antara dua tebing. Sudahkah adrenalin Anda menari-nari mendengarnya?

Aktivitas hammock ini dipopulerkan oleh beberapa warga setempat untuk menarik minat para pengunjung, sekaligus untuk melindungi Gunung Hawu dari jamahan para penambang batu kapur.

Photo via dian_lisnawaty_hmy

Gunung ini juga memiliki sebuah lubang besar yang bisa Anda lihat di tengahnya. Inilah mengapa gunung ini diberi nama “Hawu” yang berarti “tungku (untuk memasak)” dalam bahasa Sunda.

Mumpung sedang di sana, rasanya sayang jika melewatkan kesempatan mengambil foto di lokasi unik ini, bukan? Kalau beruntung, Anda mungkin bisa menangkap momen saat sinar matahari menyelinap lewat lubang besar tadi dan menciptakan sebuah pemandangan yang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

Photo via dhonny_putra

5. Memetik daun teh terbaik di perkebunan teh terindah di Bandung: Perkebunan Teh Dewata

Apakah definisi Anda akan surga tersembunyi? Apakah tempat berhawa sejuk dan bersih, dengan pemandangan hijau menenangkan sejauh mata memandang dan tak banyak wisatawan?

Perkebunan teh memang bukan sesuatu yang unik terutama di wilayah Jawa Barat. Namun Perkebunan Teh Dewata lain daripada yang lain karena lokasinya yang amat terisolasi (sinyal ponsel pun terbatas!). Sepanjang perjalanan ke sana Anda akan melihat hutan lindung, air terjun, dan bahkan kalau beruntung monyet liar yang bergelayutan di pohon!

Photo via akmaleeee, Sintia-Astarina, aditpratama

Dikelilingi oleh cagar alam Gunung Tilu dan kawasan konservasi, Perkebunan Teh Dewata dengan keindahan alamnya ibarat sebuah harta karun dengan hamparan ‘permadani zamrud’. Jangan heran kalau mulut Anda akan berulang-ulang mengucap kata “WOW!”

Jika berkunjung pada pagi menjelang siang, Anda akan menjumpai para wanita bercaping yang menggendong keranjang sibuk memetik pucuk daun teh kualitas terbaik. Dengan bantuan pemandu, Anda juga bisa ikut belajar cara memetik teh langsung bersama mereka!

Photo via viziofly, ijalee_, farah_dn

Daun-daun teh tersebut lalu dibawa ke Pabrik Teh Dewata yang sudah beroperasi sejak tahun 1932 dan merupakan produsen berbagai merk teh ternama di dunia. Salah satunya adalah Frestea, yang terkenal karena berasal dari daun teh pilihan terbaik.

Kalau biasanya jika berkunjung ke kebun teh kita hanya bisa menikmati pemandangan atau foto-foto, maka di sini kita bisa ikut memetik daun teh, melihat proses pengolahan, hingga mencicipi teh segar yang baru diseduh. Ada tiga produk unggulan mereka, yaitu teh hijau, teh hitam, dan teh Jepang.

Photo via kabepechakra, hanifadityanoor, Sintia-Astarina

Agenda wajib kalau ke perkebunan teh sudah pasti adalah tea walk! Berjalan-jalan keliling kebun teh indah dan berbukit-bukit seluas 350 hektar ini adalah keharusan. Kemudian, akhiri sesi tea walk ini di sebuah aliran sungai yang jernih dan sejuk,sambil mencelupkan kaki atau bahkan berenang.

Photo via Yasmin-Hierschel, achmadfauzyb.official

Ini baru namanya surga tersembunyi

Glamping di Bandung

Beri sentuhan kemewahan dalam pengalaman berkemah

Kapan terakhir kali Anda melakukannya? Tertantang untuk mencobanya lagi?

Well, Anda bisa mempertimbangkan opsi glamping. Anda tak perlu repot mempersiapkan tenda, sleeping bag atau ransum makanan untuk persediaan menginap di alam terbuka, tapi tetap bisa merasakan sensasi tinggal di kemah dengan suara alam bernyanyi di sekeliling Anda.

Ya, glamping bisa menjadi tantangan dan hal baru bagi para traveler dari segala penjuru dunia, di mana Anda dipaksa untuk ‘berkemah’ tapi tanpa harus meninggalkan kenyaman dan kemewahan Anda.

6. Glamping di tempat yang sangat Instagrammable: The Lodge Maribaya

Satu hal yang menjadi daya tarik utama dari The Lodge Maribaya adalah glamping-nya, serta berbagai aktivitas outdoor di tengah alam.

Hai para adrenaline-junkies! Apakah Anda pernah berangan-angan mengisi liburan dengan trekking, flying fox,memanjat gardu pandang, naik sepeda gantung, dan mencoba ayunan tinggi?

Semua itu bisa dilakukan di The Lodge Maribaya! Ya, selain tenda-tenda glamping berbentuk menyerupai bawang yang unik, banyak juga aktivitas seru lain di sini.

Photo via iyon_plonyho, rfsnjnssy, inggisingal

Anda nggak bakalan sempat deh memainkan kartu remi yang dibawa dari rumah, karena semua waktu luang akan habis dengan berbagai aktivitas mendebarkan tersebut.

Kalau ingin menikmati pemandangan hutan dari ketinggian, cobalah memanjat Sky Tree, sebuah gardu pandang di atas pohon.

 Atau ingin sesuatu yang lebih menantang? Naik Zip Bike alias sepeda gantung saja…

Masih punya cukup nyali? Yuk berayun-ayun di Sky Swing, yang tergantung di atas lembah.

Dijamin Instagram Anda bakal penuh dengan foto-foto keren!

Tunggu apa lagi? Buruan ke The Lodge Maribaya bersama teman-teman atau keluarga!

7. Bermalam di tenda suku Indian: Ciwidey Valley Resort

Berlokasi di Rancabali Ciwidey, tenda tempat berkemah di sini dilengkapi dengan TV layar datar, serta kamar mandi.

Photo via feby_quinsha, putriwansah

Anda dapat memilih Camping Ground Family yang mengusung konsep tenda Suku Indian Apache, dan nikmati fasilitas kolam air hangat, permainan air, perosotan, taman burung, taman bermain, dan banyak lainnya!


8. Suasana berkemah yang sebenarnya: Grafika Wisata Cikole

Terletak di kaki Gunung Lembang (sekitar 1400 dpl), Anda akan disambut dengan bukit-bukit hijau serta hutan pinus yang eksotis di sini.

Photo via abbaqq, ari__andrian

Tenda-tenda yang tersedia di sini memiliki alas semen dan dilengkapi dengan koneksi listrik. Anda juga akan diberikan kantung tidiur, api unggun dan juga jagung bakar untuk menambah suasana berkemah yang sesungguhnya.

Anak-anak muda pasti suka, deh!


9. Ada rumah Hobbit di Bandung!: Farmhouse Susu Lembang

Farm House tepatnya terletak di Jalan Raya Lembang, dapat ditempuh berkendara sekitar satu jam dari pusat kota. Tempatnya tidak sulit ditemui karena ada di pinggir jalan raya.

Photo via dimas.adha, ririnnfajriyah, riniutaami, vianprasetyaa

Tempat ini sekarang sedang menjadi primadona bagi wisatawan yang berkunjung ke Bandung, Farmhouse mengombinasikan wisata pertanian, ala, dan setting menarik dalam satu tempat.

Dengan bangunan-bangunan unik bergaya Eropa serta rumah Hobbit seperti yang ada di film Lord of The Ring, liburan ke sini bakal menghibur sekaligus mendidik.

Farmhouse adalah tempat yang cocok untuk membawa seluruh anggota keluarga. Anak-anak bisa berlarian di areal kebunnya yang luas, sedangkan orang tua bisa berfoto dan duduk santai menghidup udara pegunungan yang sejuk.

Pokoknya Instajenik abis deh!

Photo via: B.e.e.lla, Jjeffadrian, Andriadesta




10. Serasa jalan-jalan ke Eropa: Kota Mini Lembang

Siapa sangka kalau di Bandung ada sebuah kota mini dengan nuansa Eropa klasik yang begitu kental? Di Kota Mini Lembang, Anda bakal dibuat takjub melihat arsitektur yang indah dan café-café pinggir jalan yang begitu mirip dengan yang ada di Eropa.

Tempat yang begitu menggemaskan dan Instagenic ini baru beroperasi pada akhir Juni 2017 lalu, tepatnya di kawasan Grand Hotel Lembang – masih satu area dengan Floating Market dan Rainbow Garden.

Hampir semua sudut kota kecil ini tampak elok dengan bangunan-bangunan indah layaknya lokasi syuting film!

Ini adalah tempat ideal untuk mengajak anak-anak mencicipi rasanya menjadi dewasa dengan berperan sebahai polisi, pemadam kebakaran, juru masak, perawat dan banyak lagi!

Photo via susianahandayani, chanzz87, sindi_ramdani_raharja

Anda bahkan juga bisa berfoto bersama keluarga dengan mengenakan kostum warna-warni khas Belanda. Keren, kan?

Photo via nurkomalasari, enike_lusiana76

Di Kota Mini para pecinta kucing dan boneka beruang bakal dimanjakan habis-habisan!

Photo via jenn_yoenna

Tak hanya itu, urusan perut pun aman terkendali. Di sini terdapat café mungil yang siap memuaskan lapar dahaga Anda.

Akhiri momen liburan di Kota Mini dengan bermain di taman bermainnya yang dilengkapi rumah Hobbit, atau naik kereta berkeliling kota. Puasnya nggak habis-habis deh!



11. Warna-warni oriental yang penuh pesona: Chinatown Bandung

Berada di kawasan Pecinan, tak jauh dari vihara terbesar di Bandung, Vihara Satya Budhi, Chinatown Bandung merupakan sentra kuliner dan tempat nongkrong baru yang sedang hits.

Photo via ariyanti_wh, hiroshi.story_

Dalam kawasan ini terdapat toko-toko kecil dan warung-warung yang menjajakan aneka pernak-pernik serta makanan khas Tiongkok.

Kalau nggak suka masakan Cina, di sini juga tersedia menu khas Sunda kok. Bakso Goreng, Nasi Lengko, dan makanan pedas lainnya wajib untuk dicicipi!

Photo via nanakoot, bandungcafe2017, tokoyunsen

Hebatnya, semua makanan dan minuman yang dijual di Chinatown Bandung adalah halal. Jadi Anda tak perlu waswas.

Sebuah museum juga bisa ditemukan di sini – di dalamnya menyimpan koleksi artefak antik Tiongkok, seperti mangkuk dan piring keramik.

Photo via damaredesign, ferry.11

Atmosfer tempat ini juga semakin cantik dan otentik dengan kehadiran lampion-lampion yang menghiasi tiap area. Psst… Toko-toko yang menjual pakaian, cinderamata, dekorasi rumah, dan aksesoris yang ada di sini bisa ditawar lho!

Photo via anastasia.jonathan, sanhesti, my.appetite

Jangan lupa untuk mampir ke toko souvenir dan membeli hiasan antik untuk di rumah.

Anda juga bisa menyewa kostum tradisional Tiongkok dan berfoto dengan suasana Tiongkok!

Photo via benakribo

Tip: Untuk berbelanja di sini Anda harus menggunakan kartu debit atau kartu Flazz (tidak menerima uang tunai).






12. Menjelajahi ngarai tersembunyi di Sungai Cikahuripan

Apakah Anda pernah mendengar perihal ngarai tersembunyi di Sungai Cikahuripan ini sebelumnya? Lokasinya berjarak sekitar satu kilometer dari obyek wisata Cikahuripan.

Photo via hens4m

Jalur menuju ke sana didominasi batu-batu besar dan menjulang hingga ketinggian 10 meter dan berjarak 100 meter dari satu sisi ke sisi lain.

Di antara tebing tersebut mengalirlah Sungai Cikahuripan nan elok. Dari jauh airnya yang jernih dan berkilauan sudah mengundang siapapun untuk singgah.

Kedalaman air di sini mencapai 4 meter, dan di beberapa spot lebih dangkal. Jadi Anda bisa menikmatinya bareng keluarga.



Berenang di infinity pool paling keren di Bandung

Kami tak tahu siapa yang pertama kali menciptakan infinity pool – namun jasanya amat luar biasa.

Dan kalau Anda berkunjung ke Bandung, di sana ada beberapa hotel yang memiliki infinity pool dengan pemandangan menakjubkan!

13. Memandangi lembah nan menawan: Dulang Resort & Resto

Rasanya tak ada yang lebih menyenangkan daripada menghabiskan waktu di kolam renang dengan ditemani segelas cocktail, sambil memandang indahnya hamparan sawah serta gemerlap lampu kota di kejauhan.

Pemandangan spektakuler yang sama pun bisa Anda nikmati saat makan malam di teras yang berada di tepi kolam.

Photo via endriraput

Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, di pagi hari Anda akan disambut oleh embun dan kabut saat bangun tidur.

Dulang Resort & Resto memang sengaja dirancang sebagai kabin untuk berlibur jauh dari keramaian, sangat pas untuk Anda yang ingin refreshing.

14. Sensasi ala di Santorini: Art Deco Luxury Hotel and Residence

Kalau foto-foto di sini, wajiib hukumnya untuk menggunakan tagar #nofilter! Lihat saja betapa kerennya pemandangan dari infinitypool-nya.

Kolam infinity pool ini dikelilingi nuansa dekorasi serba putih bak di Santorini, Yunani serta dilengkapi dengan gazebo untuk bersantai seharian.

Meskipun setelah membaca ini Anda ingin langsung menuju ke kolam renang, setidaknya lihat dulu kamar tidurnya (terutama yang memiliki balkon). Keren, kan?

Photo via elisaanovia, deypriandanaa

Masih kurang takjub? Bagaimana dengan Jacuzzi semi-outdoor yang menyuguhkan panorama indah?

Kami tahu kalau ke Bandung Anda lebih suka jalan-jalan daripada berdiam di hotel. Asyiknya, hotel ini juga menyediakan fasilitas berupa London Taxi yang unik untuk berkeliling kota!

Restoran yang ada di hotel ini, The Dining Room, menawarkan pengalaman bersantap sambil ditemani panorama 360 derajat.

Di luar semua yang kami sebut di atas, tetap, yang jadi favorit adalah kamar tidurnya yang anggun, nyaman dan mewah.

Art Deco Luxury Hotel and Residence
More info (tap to expand)



Cek Harga di Agoda  

15. Surga sejuk di atas bukit: SangRia Resort & Spa

Berkendaralah menuju jalanan menanjak ke arah Lembang dan Anda akan menemukan spot romantis ini di lereng bukit, di mana pemandangan dari tiap balkon kamarnya begitu spektakuler.

Nikmat segelas martini di tepi kolam seraya memandangi indahnya panorama alam hijau sejauh mata memandang.

Kalau kedinginan, pindah saja ke kolam air panas yang tersedia di sini.

Jika ingin menjelajahi alam sekitar resort ini, jangan ragu untuk bertanya kepada pihak hotel.

Resort ini juga memiliki spa di mana Anda bisa meregangkan otot setelah menjelajah hutan seharian.

Photo via: resnadia

Berlokasi tak jauh dari pusat Lembang, dari resort ini ke tempat-tempat wisata lain di sekitarnya (Kebun Stroberi, De’Ranch, atau Observatorium Boscha) tidak terlalu jauh.

Termasuk juga ke berbagai restoran yang menyuguhkan panorama lembah hijau nan menawan.

Café dan restoran unik di Bandung

Memanjakan lidah dan perut di tempat kece

Rasanya semua orang tahu kalau Bandung terkenal akan café-café dan tempat makannya yang superkeren.

Dengan banyaknya tempat baru bermunculan setiap saat, mungkin ada beberapa tempat baru yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya!

16. Cafe superimut bertema Doraemon di Bandung: D’Moners Home

Anda pencinta Doraemon? Jika ya, tak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang untuk menemui kucing futuristik ciptaan Fujiko F Fujio ini. Cafe D’Moners siap memuaskan kecintaan Anda terhadap Doraemon di Bandung!

Dari tangan seorang pemilik yang sangat menyukai karakter yang menggemaskan ini, cafe dua lantai ini dirancang untuk memanjakan setiap pencinta Doraemon. Lantai bawah berisi meja-meja dan kursi-kursi yang nyaman dengan dekorasi dinding bergambar Doraemon, sedangkan lantai atas dibuat seperti replika rumah Nobita – lengkap dengan kamar tidurnya dan meja ikonik serta laci ajaibnya!

Photo via megaaputr, foodnotestories

Menunya yang ditawarkan juga bertema Jepang dan serba Doraemon. Nikmati menu spesial Doraemon bento setsRamen Ganari, Omurice Time Blanket, Jelly Translator Cheese dan menu camilan favorit Doraemon – Dorayaki Milk Pudding.

Selama Anda menunggu sajian-sajian imut itu dihidangkan, nikmatilah boneka Doraemon yang dipajang, menonton episode Doraemon atau membaca banyak komik yang tersedia. Jangan lupa untuk ber-selfie ketika disana!




17. Satu-satunya tempat makan bertema gua putih Santorini di Indonesia: Goldstar 360 Café

Beralihlah dari makan malam mewah dengan lilin ke makan malam di dalam gua. Berapa banyak pengalaman makan bernuansa dongeng yang bisa Anda dapatkan?

Tepat di lantai ketiga gedung serbaguna Goldstar Sport Resto, sederetan gua yang saling terhubung menunggu Anda. Dekorasi gua yang terinspirasi gaya Yunani ini juga menawarkan beberapa konsep yang berbeda (outdoor, semi outdoor dan indoor).

Ada Megas Lakkos – sebuah area privat dengan cahaya biru, Korydallos – area tersembunyi dengan tema penjara, dan Stravomyti, Mykonos and Petralona yang berada di bagian tengah dengan jendela kaca yang besar.

Photo via infobdg, devi3412

Dindingnya dihiasi dengan gambar-gambar bernuansa purba sehingga menciptakan suasana eksotis. Unik sekaligus romantis, bukan?

Masakan di sini juga cukup terjangkau dan lezat. Nikmati masakan favorit seperti Nasi GorengChicken Steak atau Spaghetti dengan banyak pilihan minuman, termasuk minuman beralkohol.

Jika sudah cukup puas “bersembunyi” di gua, kunjungilah cafe rooftop-nya di lantai 5 untuk pemandangan kota Bandung 360 derajat.




18. Berani makan di tempat yang seram?: Abandoned Café

Kalau Anda tergolong penggemar film-film horor, pasti akan suka dengan tempat ini!

Abandoned Café siap untuk “menghantui” Anda dari awal santapan pembuka sampai hidangan penutup. Interiornya sengaja dibuat mirip TKP pembunuhan.

Menurut gosip yang beredar, konon café ini benar-benar berhantu lho… Hiiii, merinding nggak?!

Untuk menambah kesan angker, pencahayaan di café ini pun serba remang-remang. Terdapat pula area lantai dua yang nggak kalah ngerinya.

Tema makanannya pun nggak jauh-jauh dari kesan horor. Burger di sini disajikan dengan tikaman pisau!

Gimana, berani nggak makan di sini?




19. Rumah negeri dongeng yang menjadi nyata: Warung Kopi (Warkop) Modjok

Pada suatu hari, ada sebuah restoran kecil bernama Warkop Modjok yang terlihat menyerupai rumah-rumah di negeri dongeng.

Meskipun makanannya tidak disajikan bersama serbuk peri, namun kelezatannya tak usah diragukan.

Photo via kenummaa

Tunggu apa lagi, segera pilih tempat duduk dan pesan menu andalan Warkop Modjok, seperti nasi goreng, Tahu Pedas, atau Singkong Goreng Keju!

Jangan lupa sempatkan juga untuk berfoto-foto!

Warkop Modjok
More info (tap to expand)




20. Selamat datang di rumah boneka: Nanny’s Pavillon Home

Seperti kita tahu, setiap cabang Nanny’s Pavillon senantiasa mengusung tema berbeda. Dan khusus yang satu ini, tema yang diangkat adalah rumah nan cantik layaknya rumah boneka.

Di sini Anda bisa memilih untuk bersantap di ruang mana saja – mau di Ruang Makan, Kamar Tidur, Taman, Kamar Bermain, sampai Kamar Mandi (dengan tempat duduk menyerupai dudukan toilet!).

Nampaknya konsep ini sengaja dipillih supaya siapapun yang berkunjung bisa merasa nyaman seperti di rumah sendiri.

Menu Nanny’s Pavillon yang terkenal adalah French-American Pancakes dengan berbagai variasi. Salah satu favorit kami adalah Peach Pancake with Vanilla Ice Cream dan Blueberry Pancake Cheese Roll.

Green Tea Pancake-nya juga enak lho!

Kalau Anda nggak doyan pancake, mereka juga menyediakan pasta dan menu barat lainnya.

Nanny’s Pavillon Home
More info (tap to expand)




Masih banyak tempat makan keren lain di Bandung selain yang kami ulas di atas:

17 café unik di Bandung paling hits di Instagram

10 tempat makan istimewa di Bandung dengan tema unik

20. Pesona geologis Bumi Parahyangan: Goa Pawon dan Stone Garden Padalarang

Setelah kurang lebih 20 menit mendaki Gunung Pasigit, Anda akan tiba di mulut Goa Pawon, sebuah situs bersejarah tempat ditemukannya bermacam peninggalan kehidupan prasejarah (yang kini dipamerkan di Museum Geologi Bandung).

Photo via kepinhelmy, mocryans

Jika melanjutkan perjalanan beberapa langkah lagi ke arah puncak gunung, maka Anda akan menemukan Stone Garden (Taman Batu), sebuah cagar geowisata bertabur batu karang seperti yang biasa terdapat di pesisir pantai.

Para ilmuwan meyakini bahwa jutaan tahun lalu kawasan antara Padalarang dan Nagreg merupakan sebuah danau purbakala, yang artinya Kota Bandung saat ini dulunya terletak sedalam ratusan meter di bawah permukaan air. Menurut teori, beberapa gempa vulkanik besar menyebabkan air danau raksasa tersebut surut sehingga terciptalah sebuah lembah.

Di sini Anda bisa melihat langsung bukti ilmiah berupa cangkang-cangkang kerang dari jaman purbakala yang menempel di batu karang. Aneh tapi nyata!

Berhubung obyek wisata ini termasuk baru dan belum banyak dikunjungi wisatawan, pastikan Anda membawa sendiri bekal air minum karena sulit untuk menemukan warung di sekitarnya (setidaknya hingga saat ini).


21. Hamparan aneka bunga yang memesona (dan bisa dimakan!): Rainbow Garden Lembang

Berlokasi di Floating Market Lembang yang terkenal, komplek taman ini menawarkan beragam koleksi dari ratusan tipe bunga, yang 80 persen diantaranya aman jika termakan anak-anak!

Photo via andika_pramanaa, fiaisnufi

Bunga di Rainbow Garden ini juga ditata secara khusus agar bisa terlihat seperti pelangi, seperti nama tamannya. Selain melihat keindahan, ada juga bunga yang untuk dijual. Jadi jika Anda ingin memiliki bunga beragam tipe, yang organik sekalipun, atau tanaman kaktus, bisa didapatkan di sini.

Dan bagi Anda Instagrammer, tempat ini adalah surga tersendiri. Bukan hanya perpaduan warna yang indah, tapi juga beragam dekorasi seperti ayunan vintage, piano kuno dan sangkar-sangkar burung indah berwarna cerah.

Photo via nafiya.ssoedar_20, akang_bandung
Rainbow Garden Lembang
More info (tap to expand)




Bersantap ditemani panorama Bandung yang tiada duanya

Tak hanya memuaskan lidah dan perut, beberapa tempat makan di Bandung sengaja diciptakan untuk membuat mata Anda “kenyang”.

Dari puncak gunung sampai haluan kapal, inilah beberapa tempat makan di Bandung yang menyuguhkan panorama menawan.

Baca juga:  15 restoran di Bandung dengan pemandangan yang luar biasa

22. Makan di atas kapal laut tradisional: Pinisi Resto

Pernah mendengar tentang sebuah kapal yang “terdampar” di tengah-tengah perbukitan? Kapal itu adalah Pinisi Resto, sebuah tempat makan berkonsep kapal  tradisional Pinisi yang terletak di kawasan dataran tinggi nan sejuk dan dikelilingi oleh danau dan hamparan perkebunan teh.

Photo via dudisugandi, barli8js, heni.efnd_

Anak-anak pasti akan senang jika diajak berkunjung ke kapal ini dan menikmati aneka hidangan yang amat lezat sambil merasakan suasana yang begitu mengesankan. Restoran yang menyajikan menu BBQ ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk berkumpul bersama keluarga.

PS: Pinisi Resto terletak di kawasan Glamping Lakeside Rancabali, kami anjurkan agar Anda melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum datang ke sana.

Pinisi Resto
More info (tap to expand)


23. Bersantap di tepi danau: Gubug Makan Mang Engking

Bayangkanlah asiknya makan di saung tradisional, di pinggir danau, tempat terbaik untuk bersantai setelah berbelanja keliling kota.

Restoran ini memiliki beberapa cabang yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk di Jakarta, tapi cabang Bandung adalah salah satu cabang terbaik.

Photo via ria_jule, mayaregiina, princes_lydiana, lynnda10mil

Sambil menikmati pemandangan yang begitu indah, sebaiknya Anda juga mencoba salah satu makana   n terbaiknya: Udang Bakar Madu.

Ada juga kolam ikan dan tempat bermain anak-anak agar mereka tetap terhibur selagi Anda makan.

Gubug Makan Mang Engking
More info (tap to expand)




24. Memanjakan diri di alam pedesaan yang asri: Tafso Barn

Siapa yang bisa menolak menghabiskan waktu bareng keluarga sambil menikmati pemandangan yang istimewa di cafe yang keren, ditemani santapan yang lezat?

Sensasi itu bisa Anda dapatkan di Tafso Barn di daerah Ciumbuleuit, yang merupakan tempat wisata kuliner terbaru yang harus dikunjungi. Disuguhi pemandangan Bandung yang luar biasa, cafe yang unik ini memiliki lapangan golf mini, sangkar burung berwarna putih, ayunan vintage dan tenda mini yang cozy abis!

Photo via feliciadior, syafrinaafriani, affreshair

Area yang luas ini juga dibagi menjadi beberapa bagian dengan konsep yang berbeda. Anda bisa memilih antara meja yang teduh di taman area yang menggunakan meja dari tong bekas.

Bagaimana dengan menunya? Well, Anda bisa memilih menu lokal ala Indonesia, Western atau bercitarasa Jepang. Apapun itu, pastikan dulu dengan baterai ponsel Anda terisi penuh bila berkunjung ke sini, karena bakal heboh foto-foto.

Tafso Barn
More info (tap to expand)




25. Bambu di mana-mana: Kebon Awi Kaffe

Bersantap di sini rasanya Anda bakal lupa dengan kehidupan kota yang serba modern dan hiruk-pikuk.

Kebon Awi menawarkan pengalaman makan di tengah hutan bambu Рtak kurang ada 25 spesies bambu. Caf̩ ini juga sangat mengutamakan kelestarian dan konservasi alam. Keren, kan?

Dengan koleksi bambu yang cukup banyak, Kebon Awi Kaffe turut menawarkan wisata edukasi, workshop, dan memiliki galeri kreasi bambu hasil karya para pengrajin lokal.

Photo via egunarso, indahsulviani, ladybrendaaa

Anda dapat memilih duduk di gubuk yang ukurannya sesuai dengan jumlah orang. Tiap gubuk dilengkapi kursi dengan bantalan empuk dan meja. Gubuk terbesarnya bisa memuat hingga 20 orang, sedangkan yang kecil ideal untuk 4-6 orang.

Meskipun menu utama yang disajikan di sini adalah hidangan Indonesia, namun mereka juga memiliki opsi menu Barat, seperti Panna Cotta with Blueberry and Cherry Toppings yang lezat!

Kebon Awi Kaffe
More info (tap to expand)




26. Memanjakan lidah di ketinggian: The 18 Restaurant and Lounge, Trans Luxury Hotel

Tenang, kami tidak menyarankan Anda untuk makan sambil naik pesawat kok. Cukup singgah saja ke restoran yang terdapat di Trans Luxury Hotel Bandung ini.

The 18 Restaurant and Lounge menawarkan suasana mewah dan pemandangan yang spektakuler.

Menu yang kami rekomendasikan adalah ikan barramundi, Chicken Parmigiana, dan Tortelini Pasta. Dijamin nggak bakal kecewa!

Restoran ini sangat cocok buat Anda yang ingin merayakan makan malam romantis berdua pasangan tercinta sambil melihat gemerlap lampu kota.

The 18 Restaurant and Lounge
More info (tap to expand)




27. Danau mistis di atas awan: Kawah Putih

Danau berbentuk kawah yang tercipta akibat letusan Gunung Patuha ini dipercaya sebagai danau mistis oleh warga setempat karena dulu setiap burung yang terbang melintas di sekitarnya pasti akan langsung mati. Akibatnya semua orang enggan untuk mendekatinya. Baru pada abad ke-19 seorang ahli botani dari Jerman mengeksplorasi area ini dan menemukan danau kawah yang amat menawan.

Photo via: Rinai Hujan

Airnya yang sebening kristal akan berubah warna mengikuti kondisi cuaca, sedangkan di tepinya terdapat pasir yang begitu putih sehingga terlihat begitu unik. Bahkan jenis tanaman yang tumbuh di sekitar danau ini pun cukup berbeda dibandingkan dengan area lain di bawahnya.

Photo via: Nicoline Patricia

Meski terletak di puncak kawah gunung, fasilitas penunjang seperti toilet dan tempat parkir sudah tersedia, begitu pula kedai-kedai penjual makanan.



28. Mendekatkan diri dengan alam: Dusun Bambu Family Leisure Park

Obyek wisata ini sangat ideal bagi Anda yang ingin lepas dari hiruk pikuk kota dan bosan dengan hiburan di mal!

Mencakup lahan seluas 15 hektar, Anda dapat berpartisipasi dalam bermacam aktivitas, dari naik balon udara hingga mendayung kano sembari menikmati segarnya udara pegunungan.

Selain itu, Anda bisa mengunjungi The Labyrinth – fasilitas terbaru dari Dusun Bambu. Dengan membayar sekitar Rp50.000, anak-anak diperbolehkan bermain sampai puas di sana.

Photo via sariatikah

Pilihan tempat makannya pun beragam Рada tiga restoran di sini. Bisa makan siang penuh privasi di sangkar burung yang tergantung di pepohonan di Restoran Lutung Kasarung, mencicipi sajian Sunda di saung tepi danau di Restoran Purbasari, atau bersantap ditemani pemandangan Gunung Burangrang di Burangrang Caf̩.

Photo via andienprintyasari

Ada pula Pasar Khatulistiwa di mana Anda bisa membeli makanan ringan, sayur mayor, hingga buah tangan.

Tak puas hanya sehari bermain di sini? Menginap saja di Kampung Layung Villas yang dilengkapi pelayan pribadi.

Kalau ingin suasana yang lebih “membumi”, cobalah glamping di Sayang Heulang.

Photo via regaredo




Menjajal café-café Instagenik yang ada di Bandung

Ingin membuat teman-teman Anda di rumah iri?

Mampir saja ke café-café keren yang ada di Bandung ini. Kami telah memilihkan beberapa diantaranya untuk Anda singgahi.

Pokoknya semua bakal menyita banyak memori di ponsel Anda!

29. Tempat duduk terbaik di tengah kolam renang: Kalpa Tree Café

Bersantap di pinggir kolam renang memang keren, tapi bagaimana jika mejanya ada tepat di tengah kolam renang? Ini baru luar biasa!

Kolam renang kebiruan dengan terletak dengan cantiknya di area outdoor Kalpa Tree Café.

Tepat i tengahnya, ada sebuah jalur terbuka mengarah turun ke sebuah area lingkaran untuk tempat makan. Ini adalah tempat terbaik di cafe ini, di mana Anda bisa bersantap sambil mengagumi keindahan di sekelilingnya.

Photo via mely_kartika, owenputrawijaya

Suasana elegan terpancar dari area outdoor hingga ke ruangan yang hangat dan nyaman di dalam. Anda akan mencintai perpaduan antara pintu-pintu berbingkai kaca, tangga spiral hitam yang keren dan bar terbuka dengan perapian bergaya Western.

Di sini Anda bisa menemukan makanan khas Barat dan Indonesia. Jangan lewatkan Nasi Goreng Kalpa, Dory Singapore Sauce dan Spaghetti Carbonara dengan keju melimpah. Lengkapi menu tersebut dengan minuman warna warni seperti Bubble gum Watermelon dan jus jeruk!

Pastikan untuk membawa baju ganti jika Anda ingin menikmati segarnya kolam renang. Cukup beli voucher seharga Rp80.000 yang juga bisa digunakan untuk membeli makanan.




30. Makan di tengah kolam bersama anak-anak: One Eighty Coffee

Cafe dengan interior cantik dan makanan lezat di Bandung sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. Namun bagaimana dengan cafe yang meja dan kursinya berada di tengah kolam?

One Eighty Coffee menyediakan makanan lezat di atas meja dan kursi yang berdiri di tengah-tengah kolam. Jadi Anda akan menikmati makanan sambil merendam kaki!

Photo via pratiwitiwiii, anindittaaa

Selain area kolam, bangunan utama cafe ini terdiri dari dua lantai yang terhubung dengan sebuah tangga spiral, dihiasi dengan konsep dinding bata bergaya industrial yang dipadu dengan interior kayu.

Di sini, Anda bisa menikmati masakan enak khas Indonesia dan masakan Barat, seperti Iga Garang Asam, Rice with Oxtail Soup, Caesar Salad, Signature Burger dan banyak lagi.

Pakaian kasual sangat dianjurkan jika Anda ingin makan di area kolam. Bawa juga baju ganti untuk anak-anak Anda karena mereka akan bersenang-senang bermain air pastinya!




31. Formasi bebatuan yang dramatis: Gunung Batu, Lembang

Berlokasi di dataran tinggi Bandung menjadikan Lembang sebagai tujuan sempurna bagi para penyuka wisata gunung. Bila Anda tertarik untuk menguji adrenalin, maka Gunung Batu adalah pilihan yang tepat.

Sesuai dengan namanya, struktur Gunung Batu didominasi banyak batu-batu besar dari permukaan sampai ke puncaknya.

Photo via Tripcanvas

Sebagai salah satu gunung tertinggi di Lembang, dari sini akan tampak jelas pemandangan gunung-gunung lain, seperti Tangkuban Perahu, Gunung Putri, Bukit Tunggul dan Palasari.

Hal ini sekaligus menjadi kelebihan dari Gunung Batu. Tak hanya itu saja, gunung ini juga menjadi lokasi kemping terbaik untuk menyaksikan sunsrise.

Tempat makan romantis di Bandung

Makan berdua dengan harga terjangkau

Biasanya, makan malam romantis sebanding dengan harga yang ditawarkannya (baca: mahal). Namun, buat apa bayar mahal kalau bisa bayar murah?

Untung saja di Bandung masih banyak tempat makan romantis dengan harga yang bersahabat.

32. Serasa makan di kastil Eropa: Belle Vue French & Italian Bistro

Pasangan Anda akan merasa diperlakukan bak raja atau ratu kalau diajak bersantap malam di Belle Vue French and Italian Bistro.

Restoran romantis ini menawarkan kemewahan khas Eropa lengkap dengan lampu gantung serta panorama pegunungan.

Photo via xyzca_, arasiscaa, lidyaphan

Tidak hanya pemandangan sekitar yang memukau serta setiap detail di Belle Vue French & Italian Bistro, Anda juga dapat menikmati lezatnya hidangan yang mereka sajikan, seperti The Poulette A ‘A BierreTenderloving Beef, dan Chocolate Zagablione.

Datanglah menjelang senja, untuk ‘menangkap’ sunset di tempat bernuansa seperti kastil di Eropa ini.

Lebih romantis lagi kalau Anda berkesempatan mencoba santap malam di rooftop, tepatnya di Chapel of the Angels.




33. Suasana Inggris tempo dulu: Royal Stag Bistro

Pernahkah Anda penasaran bagaimana rasanya tumbuh besar di keluarga kerajaan?

Dengan interior yang funky dan menggambarkan suasana Inggris tempo dulu, Anda bisa merasakannya di sini.

Photo via: only1ivy, priscilla_flo, mryudo

Dari tanduk rusa yang menghiasi dinding sampai buku-buku bacaan anak lawas, segalanya akan membuat Anda merasa seperti tidak sedang berada di Indonesia.

Menunya terinspirasi dari menu khas Inggris dengan sentuhan Asia. Beberapa menu favoritnya antara lain Golden Scotch EggToad in the Hole dan The Lancashire Hot Pot.

Betapa romantisnya bisa  mengajak pasangan jalan-jalan keliling Inggris tanpa meninggalkan Bandung.




34. Serasa makan di kota paling romantis di dunia: Bilbao Brasserie

Bonjour, bisa minta meja untuk dua orang? Ahhh… rasanya tak ada yang lebih romantis selain bisa mengajak pasangan bersantap di tempat yang bernuansa café-café di Kota Paris.

Inilah Bilbao Brasserie, sebuah restoran dengan konsep unik dan romantis di Bandung. Menjauhlah sejenak dari restoran yang terlalu ramai dan nikmati momen intim bersama si dia di sini.

Photo via airinagustinacaparas, juwitasharon, bandungcafe2017

Bilbao Brasserie benar-benar mengusung konsep ala café Paris baik dari atmosefernya, setting-nya, sampai menu yang ditawarkan. Coba deh menu French Raclette (sejenis keju leleh yang disajikan langsung dari gelondongan keju). Yummy!

Menu spesial lainnya adalah steik dengan tambahan keju leleh tadi. Seorang pelayan akan menghampiri meja Anda dan “mengorek” keju leleh langsung ke atas potongan daging steik tersebut. Pengalaman luar biasa!

Bilbao Brasserie
More info (tap to expand)




Nikmati momen kebersamaan di restoran ramah keluarga di Bandung

Kami tahu kok betapa repotnya makan di luar saat membawa anak-anak.

Tenang, di restoran dengan konsep outdoor dan indoor ini Anda tak perlu lagi repot mengawasi si kecil.

Ya, di sini Anda bisa makan dengan tenang, sementara anak-anak bebas bermain atau berlarian ke sana ke mari.

35. Bersantai sambil menikmati pemandangan yang luar biasa: Lereng Anteng

Jika Anda mencari tempat makan yang kid-friendly dengan panorama Bandung nan indah, sejuk, serta menyajikan kopi yang mantap, maka singgahlah ke Lereng Anteng.

Anda dan keluarga bisa memilih duduk di bean bags yang berwarna-warni sambil menikmati sejuknya udara pegunungan. Menu yang ditawarkan di sini sangat pas dengan lidah lokal, dari menu barat sampai hidangan khas Sunda. Dingin-dingin begini pasti akan lebih asyik lagi kalau ditemani kopi panas. Nah, di sini Anda bisa memesan Vietnamese Drip Coffee!

Photo via andriannvg, adilaramanisa, meilianaluvceline

Selain pemandangan spektakuler, bean bags empuk, serta makanan lezat, tempat ini juga menyediakan area bermain dengan aneka permainan seru untuk seluruh keluarga!

Lereng Anteng
More info (tap to expand)




36. Piknik sepertinya ide yang bagus: Le Delice Café

Di Le Delice, mereka mengusung konsep di mana Anda bisa sekalian mengajak seluruh anggota keluarga untuk piknik di kebun!

Menemukan Le Delice Caf̩ tidaklah sulit. Dari depan sudah nampak kebun mungil manis dengan suasana khas piknik, yaitu kain alas kotak-kotak merah putih. Anda tidak perlu repot membawa apa-apa, karena semua perlengkapan piknik sudah tersedia di sini Рdari keranjang makanan, alat-alat makan, sampai sepeda cantik yang akan membuat Anda di foto seolah-olah sedang piknik di Central Park!

Photo via nadiasucigasua, ricktaiki

Makanan mereka juga cukup bersahabat untuk anak-anak. Aneka macam pasta dan menu pencuci mulut dengan tampilan yang cantik-cantik tersedia di sana. Tersedia juga aneka roti dan pastry untuk camilan.

Menu yang ditawarkan pun pasti disukai anak-anak, seperti pasta, kentang goreng, chicken wings, hingga es krim!

Si kecil pasti akan sibuk bermain ayunan dan rumah-rumahan sementara Anda bersantap dengan tenang.

Le Delice Café and Bakery
More info (tap to expand)




37. Terbang menuju surga nan fotogenik: Dago Dream Park

Dago Dream Park bukan sekadar taman rekreasi keluarga biasa, namun memiliki atmosfer khas Bali yang mampu membuat Anda tenang dan damai.

Seperti yang biasa terlihat di Pulau Dewata, pepohonan dan patung-patung yang ada di sana dibalut kain Bali bercorak hitam-putih (kain poleng), sementara sebuah jembatan besar nan kokoh berdiri di atas siap menyambut kedatangan Anda.

Berlokasi di kawasan perbukitan nan dingin khas Lembang, Dago Dream Park siap menyambut Anda dan keluarga dengan berbagai wahana menarik yang sama sekali tak boleh dilewatkan:

37-a) Menjelajahi dunia naik permadani terbang Aladdin

Dengan hutan pinus yang lebat sebagai latar belakang, rasakan aliran adrenalin kala permadani terbang Aladdin membawa Anda melayang. Anda akan berhenti sebentar di pertengahan untuk bisa mengabadikannya dalam bentuk foto. Tenang, semua peralatan keselamatan tetap terpasang kok.

Photo via ilhamfudholi20

Jika membeli hasil foto yang diambil oleh fotografer resmi, maka kabel pengaman akan diedit dan dihilangkan sehingga Anda akan terlihat benar-benar terbang. Tapi, jika Anda Instagrammer profesional, pastinya mengedit seperti itu bukan hal sulit, kan?

37-b) Selfie di antara awan sambil mengayuh Skybike

Kayuhlah pedal Skybike Anda agar dapat menikmati keindahan lanskap Lembang. Panorama hutan lebat nan hijau dengan pemandangan pegunungan di kejauhan tampak begitu indah, bukan?

Photo via restimelia

37-c)  Bertualang bareng keluarga di Lost in Paradise

Wahana ini bisa dibilang permainan ular tangga versi baru. Di Lost in Paradise Anda akan menghadapi labirin yang begitu menantang.

Dengan taman yang hijau di sekeliling, bisa dipastikan Anda akan senang walaupun harus tersesat di sini.

Dago Dream Park
More info (tap to expand)




38. Wadah kreatif serba ada: 107 Garage Room

Entah untuk reuni bareng teman-teman lama, brunch di Sabtu pagi bareng teman main, atau ingin menikmati waktu sendirian, 107 Room siap mengakomodasi kebutuhan Anda. Tak hanya menawarkan atmosfer yang sangat santai, mereka juga memiliki deretan menu lezat, kopi enak, dan aneka produk fashion lokal yang siap dibeli. Semua di bawah satu atap!

Photo via putrarmdhn

Siapa yang bisa menolak ajakan nongkrong di tempat hits yang dilengkapi beanbags di bawah pohon di mana Anda bisa bercengkerama bareng sahabat sambil menikmati secangkir kopi dan burger yang menggiurkan?

Photo via tesamalia, olinadaily

107 Garage Room merupakan wadah kreatif yang menaungi berbagai outlet menarik, mulai dari kedai burger Brother Jonn & Sons, hingga coffeeshop terkenal Two Hands Full Coffee.

Photo via peggykakkkoi, dailyculinary_, kanca.digital

Bukan cuma bisa makan dan minum, Anda juga bisa berbelanja produk-produk unik buatan lokal – karena salah satu misi 107 Garage Room adalah mendukung kreativitas dan industri lokal.

Bonusnya: Dengan konsep yang minimalis, food truck nyentrik, serta setting yang amat flamboyant, tempat ini juga asyik buat foto-foto!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages